Salah satu usaha
yang membuahkan hasil yang menggiurkan adalah usaha walet, walaupun saat ini
harga sarang burung ini menurun drastis. Dengan walet, Allah telah banyak
memberikan kekayaan bagi pengusaha walet.
Pertanyaan:
Apakah sarang walet wajib di zakati?
Jawab:
Sarang walet tidak termasuk dalam harta yang wajib di zakati.
Pada masa Rasulullah SAW memang belum di temukan pemanfaatan sarang wallet, sehingga tidak ada hadits atau atsar shahabat yang menerangkan kewajiban zakat pada sarang wallet ataupun menafikan kewajibannya. Maka untuk mengetahui wajib atau tidaknya sarang burung wallet kita harus melihat kepada beberapa komoditi lain yang juga hasil dari hewan yang telah ada pada masa Rasulullah SAW di jazirah Arab, misalnya wol, madu dan susu yang banyak di perdapatkan pada masa Nabi.
Pada masa Rasulullah SAW memang belum di temukan pemanfaatan sarang wallet, sehingga tidak ada hadits atau atsar shahabat yang menerangkan kewajiban zakat pada sarang wallet ataupun menafikan kewajibannya. Maka untuk mengetahui wajib atau tidaknya sarang burung wallet kita harus melihat kepada beberapa komoditi lain yang juga hasil dari hewan yang telah ada pada masa Rasulullah SAW di jazirah Arab, misalnya wol, madu dan susu yang banyak di perdapatkan pada masa Nabi.
Tidak ditemukan satu riwayatpun baik berupa
perbuatan maupun perkataan Nabi yang mengisyaratkan kepada wajibnya zakat pada
susu dan telur, kalau seandainya wajib pasti akan ada riwayat yang
menyebutkannya sebagaimana ada riwayat Nabi yang menerangkan kewajiban zakat
pada tanaman kurma dan anggur.
Kewajiban zakat
hanya berlaku kepada komoditi yang memang ada nashnya dari Rasulullah SAW
secara shareh atau isyarah. Maka kewajiban zakat tidak dapat di berlakukan
secara umum kepada seluruh komoditi yang memiliki nilai produktif.
Karena ada
dugaan ada hadist dan karena berpegang kepada pendapat shahabat Abu Bakar, maka
Imam Syafii dalam satu riwayat dalam qaul qadim beliau berpendapat wajib zakat
pada madu. Hal ini berdasarkan hadits yang menceritakan Bani Syababah
memberikan madu kepada Rasulullah SAW.
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ بَنِي شَبَابَةَ بَطْنٌ
مِنْ فَهْمٍ كَانُوا يُؤَدُّونَ إِلَى رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ نَحْلٍ
كَانَ عَلَيْهِمُ الْعُشْرَ مِنْ كُلِّ عَشْرِ قِرَبٍ قِرْبَةً…
Artinya: Di
riwayatkan dari Amr bin Syu`aib dari bapak beliau dari kakek beliau;
sesungguhnya Bani Syababah – satu marga dari faham (yang menempati daerah
Thaif) memberikan kepada Rasulullah SAW madu sebanyak satu qirbah dari sepuluh
qirbah yang mereka miliki. (H.R. Abu Daud dan Baihaqi)
Namun hadits ini
di anggap dhaif oleh para ulama, kalaupun di anggap shahih, pemberian tersebut
bukanlah atas nama zakat tetapi hanyalah pemberian shadaqah tathawu`, atau
pemberian sebagai imbalan karena Rasulullah SAW memberikan hak khusus untuk
mengelola wadi Salbah. Pada masa Saidina Umar, mereka tidak lagi menyerahkan
madu kepada Saidina Umar karena hak pengelolan lembah tersebut beliau cabut
dari mereka. Ini membuktikan bahwa pemberian madu oleh Bani Syababah kepada
Nabi merupakan imbalan atas hak pengelolaan lembah tersebut. Karena kalau
seandainya wajib zakat pada madu pasti Saidina Umar akan memerintahkan untuk
mengambilnya walaupun mereka tidak lagi mengelola lembah salabah.
Namun dalam qaul
Jadid nya, Imam Syafii merujuk pendapat beliau tentang kewajiban zakat pada
madu, karena semua hadits dan atsar shahabat yang mengisyaratkan kewajiban
zakat pada madu adalah hadits dhaif. Selain itu dalam qaul jadid, mazhab
Shahabat tidak dapat di jadikan hujjah. Maka hal ini di kembalikan kepada asal
yaitu tidak di wajibkan zakat kecuali pada barang yang ada tersebut dalam nash.
Kesimpulannya, dalam mazhab Syafii sarang
wallet tidak dikenakan kewajiban zakat karena tidak ada nash yang menerangkan
kewajibannya baik secara shareh maupun secara qiyas, karena kewajiban zakat
hanya berlaku pada komoditi yang tersebut dalam nash atau kepada komoditi lain
yang dapat di qiyaskan kepada komoditi yang ada dalam nash.
Referensi:
1. Abu Ishaq
asy-Syirazi- Muhazzab jld 1 hl 214 Dar Fikr
واختلف قوله في العسل (فقال في القديم) يحتمل
ان تجب فيه ووجهه ما روي أن بني شبابة - بطن من فهم - كانوا يؤدون إلى رسول الله صلى
الله عليه وسلم من نحل كان عندهم العشر من عشر قرب قربة
وقال في الجديد) لا تجب لأنه ليس بقوت فلا
يجب فيه العشر كالبيض
Artinya; dan berbedalah pendapat Imam Syafii tentang madu. Beliau
berpendapat dalam qaul qadim kemungkinan wajib zakat. Beliau menguatkannya
dengan hadits yang diriwayatkan bahwa Bani Syaibah menyerahkan kepada
Rasulullah SAW hasil madu dari mereka sebanyak 1/10 dari sepuluh qirbah. Beliau
berpendapat dalam qaul jadid, tidak wajib karena madu tidak termasuk dalam
makanan pokok maka tidak wajib zakat 1/10 padanya.
2. Imam Nawawi-Majmuk
Syarah Muhazzab jld7 hl 7 Dar Kutub Ilmiyah
قال البيهقي وحديث معاذ ابن جبل وأبي موسى
الأشعري رضي الله عنهما أعلى وأولى أن يؤخذ به يعني روايتهما إن النبي صلى الله عليه
وسلم قال لما لما بعثهما إلى اليمن " لا تأخذا في الصدقة إلا من هذه الأصناف الأربعة
الشعير والحنطة والتمر والزبيب " (وأما) المذكور عن ابن عباس فضعيف أيضا والأثر
المذكور عن أبي بكر الصديق رضي الله عنه ضعيف أيضا ذكره الشافعي وضعفه هو وغيره واتفق
الحفاظ على ضعفه واتفق أصحابنا في كتب المذهب على ضعفه
قال البيهقي ولم يثبت في هذا إسناد تقوم به
حجة قال والأصل عدم الوجوب فلا زكاة فيما لم يرد فيه حديث صحيح أو كان في معنى ما ورد
به حديث صحيح
وأما حديث بني شبابة في العسل فرواه أبو داود والبيهقي وغيرهما من رواية عمرو
بن شعيب عن أبيه عن جده بإسناد ضعيف قال الترمذي في جامعه لا يصح عن النبي صلى الله
عليه وسلم في هذا كبير شئ فقال البيهقي قال الترمذي في كتاب العلل قال البخاري ليس
في زكاة العسل شئ يصح فالحاصل أن جميع الآثار والأحاديث التي في هذا الفصل ضعيفة
3. Imam
Nawawi-Majmuk Syarah Muhazzab jld7 hl 7 Dar Kutub Ilmiyah
وأما) العسل ففيه طريقان (أشهرهما) وبه
قال المصنف والا كثرون فيه القولان (الصحيح) الجديد لا زكاة (والقديم) وجهان
(والثاني) القطع بأن لا زكاة فيه وبه قطع الشيخ أبو حامد والبندنيجي وآخرون ومن
الأصحاب من قال لا تجب في الجديد وفي القديم قولان والمذهب لا تجب لعدم الدليل على
الوجوب قال أصحابنا والحديث المذكور ضعيف كما سبق قالوا ولو صح لكان متأولا ثم
اختلفوا في تأويله فقيل يحمل على تطوعهم به وقيل إنما دفعوه مقابلة لما حصل لهم من
الاختصاص بالحمى ولهذا امتنعوا من دفعه إلى عمر رضي الله عنه حين طالبهم بتخلية
الحمى لسائر الناس
Artinya; dan adapun madu, maka padanya ada dua thariq. Thariq yang masyhur
dan yang disebutkan oleh mushannif [Abu Ishaq asy-Syirazi] dan kebanyakan ulama
pada madu ada dua pendapat. Pendapat yang shahih dan merupakan pendapat jadid
tidak wajib zakat. Pendapat qadim ada dua wajah. Thariq kedua qatha’ bahwa
tidak wajib zakat.